Cara Cepat: Pengertian, Sejarah, Tujuan, Ciri-ciri, Teknik dan Manfaat

Cepat – Adakah yang tahu atau pernah mendengar istilah Fast Way? Maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan gambaran tentang Apa Itu Cara Cepat? Agar lebih paham dan mengerti, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Memahami Fast Walk

Jalan cepat merupakan olah raga yang dilakukan dengan cara bergerak maju secara cepat tanpa terputus dari permukaan tanah.

Setiap melakukan langkah, kaki depan diharuskan menyentuh tanah sebelum kaki belakangnya meninggalkan tanah. Kaki harus lurus sehingga dalam posisi tegak.

Sejarah Fast Walk

Pada tahun 1912 pertama kali diperkenalkan jalan cepat asal mula yang berjarak 10 km yang diorganisir di atas lintasan. Kemudian pada tahun 1976 dicantumkan nomor jalan cepat sejauh 20 km, dan sejak tahun 1956 jalan cepat tersebut telah dipertandingkan dalam olimpiade olahraga atletik.

Pada tahun 1980, saat Olimpiade digelar di Mokswa, olahraga jalan cepat sejauh 50 km kembali masuk dalam nomor perlombaan.

Saat ini jalan cepat sudah banyak dikenal dan dipertandingkan di seluruh dunia. Dalam Olimpiade modern, perlombaan jalan cepat 20 km dan 50 km telah lama menjadi nomor konstan dalam perlombaan lari cepat di berbagai negara.

Di Indonesia, sejarah jalan cepat sebagai nomor yang dipertandingkan dalam kejuaraan atletik nasional pada tahun 1978 yaitu untuk putri: 5 km dan 10 km, sedangkan untuk putra: 10 km dan 20 km.

Tujuan Jalan Cepat

Adapu tujuan jalan cepat, yaitu:

  • Memperkuat otot punggung dan perut.
  • Gerakkan kaki di sepanjang garis lurus.
  • Jaga lutut tetap lurus dalam fase penyangga.
  • Mencegah terlalu banyak mengangkat bahu dan lengan.
  • Dapatkan gerakan fleksibel yang berguna untuk tubuh manusia.

Karakteristik Jalan Cepat

Ciri-ciri gerak dasar jalan cepat antara lain:

  • Angkat paha kaki ayun di depan lutut.
  • Kaki bagian bawah menggantung dengan longgar saat mengayunkan paha ke depan.
  • Ayunkan juga tungkai bawah ke depan agar lutut lurus.
  • Tumit kaki adalah cara untuk mendaratkan kaki Anda di tanah.
  • Bersamaan dengan pengangkatan tumit, maka ujung kaki terlepas dari tanah, menggantinya dengan kaki yang diayunkan.
  • Posisi tubuh saat melangkah dengan posisi kepala, punggung, dada, pinggang dan kaki bagian bawah harus agak ke depan.
  • Siku bisa dilipat 90 derajat, lalu ayunkan lengan kiri ke depan sambil mengangkat paha dan kaki kanan.
  • Koordinasi gerakan yang bisa dilakukan antara lengan kiri bersama dengan kaki kanan dan lengan kanan bersama dengan kaki kiri adalah berjalan cepat.

Teknik Jalan Cepat

Teknik jalan cepat meliputi:

Teknik Mulai

Teknik memulai jalan cepat merupakan bagian penting. Teknik start yang dilakukan dengan baik dan benar akan membuat kita tidak tertinggal oleh pelari lain. Cara melakukan teknik bintang adalah sebagai berikut:

  • Posisi tubuh harus berdiri beberapa meter di belakang garis start.
  • Setelah Anda mendengar isyarat “MAU” dari petugas start, maju ke depan dan letakkan satu kaki di belakang garis start dengan lutut sedikit ditekuk, sementara kaki lainnya di belakang, lurus dan rileks.
  • Badan agak condong ke depan dengan badan bersandar di kaki depan, dengan kedua lengan terkulai lemas dan menempel di samping badan.
  • Mata lurus ke depan.
  • Begitu mendengar isyarat “YA” atau bunyi senjata dari panitia, segeralah melangkah ke depan, lalu berjalan secepat mungkin hingga Anda melewati garis finish yang telah ditentukan.

Teknik Berjalan

Saat berjalan satu kaki harus selalu menyentuh tanah dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh juri. Jika ada pejalan kaki yang melanggar aturan, petugas pengawas akan segera memberi peringatan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam teknik jalan cepat, yaitu:

  • Saat melangkah, kaki lainnya harus selalu bersentuhan dengan tanah dan kaki harus selalu lurus sebelum kaki lainnya menginjak dan mendarat di tanah.
  • Bersamaan dengan paha, kedua tangan diayun ke depan seperti orang berjalan pada umumnya, namun tangan diayun ke atas dalam posisi berlari.
  • Ketika kaki mendarat dan bersentuhan dengan tanah, segera paha kaki belakang terangkat ke depan, pada saat yang sama tungkai bawah kaki kiri dan tangan kanan diayunkan ke depan diikuti dengan tubuh condong ke depan, menjaga pandangan. lurus kedepan.
  • Saat mendaratkan kaki pijakan, bisa dimulai dengan tumit lalu dilanjutkan dengan ujung kaki dengan lutut lurus.
  • Gerakan lengan dan bahu tidak terlalu tinggi saat melakukan teknik ini.
  • Diupayakan agar pinggul tetap rendah dan di bawah. Gerakan ini dimaksudkan agar tetap konsisten dan menghindari gerakan menyamping yang berlebihan.

Teknik Melewati Garis Finish

Teknik melintasi garis finis tidak memiliki gerakan khusus, karena atlet cepat akan terus berjalan saat melewati garis finis. Jika ada, bisa langsung dilakukan dengan menggembungkan dada agar pita bisa cepat tersentuh.

Manfaat Jalan Cepat

Manfaat jalan cepat meliputi:

Fleksibilitas Tubuh

Latihan jalan cepat ini secara otomatis akan menghasilkan otot-otot untuk rileks dan dapat memberikan ruang gerak bebas, namun jika jalan cepat dilakukan secara rutin dan kedua otot dalam tubuh akan mengalami kelenturan atau kelenturan yang baik untuk tubuh.

Tingkatkan Fisik

Olahraga lari cepat dapat dengan baik melatih kecukupan fisik dan kekuatan fisik dalam tubuh, karena tubuh akan terbiasa melakukan senam teratur yang dilakukan pada salah satu anggota tubuh, salah satunya kaki.

Sirkulasi Lancar di Tubuh

Olahraga jalan cepat yang dilakukan dapat memperlancar peredaran darah dalam tubuh, sehingga tubuh kembali segar dan organ dalam juga dapat merasakan dampak positif dari olahraga sprint ini.

Kencangkan Tubuh

Jalan cepat bisa membuat kulit lebih kencang, karena biasanya orang yang sudah sukses diet dan mengalami kenaikan berat badan, kulitnya akan terasa kendur. Dengan melakukan jalan cepat, diperlukan gerakan otot perut dan otot kaki akan mengencangkan tubuh.

Kurangi Lemak

Olahraga atletik jalan cepat dapat mengurangi lemak karena dalam olahraga ini tubuh dapat mengeluarkan banyak keringat akibat dari pembakaran lemak di dalam tubuh.

Demikian pembahasan tentang Cara Cepat. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan dan ilmu untuk kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Sumber : pengensehat.com