Lari Jarak Menengah: Pengertian, Sejarah, Teknik, Angka, Aturan dan Manfaat

Lari Jarak Menengah – Apakah ada yang tahu atau pernah mendengar istilah Lari Jarak Tengah? Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pembahasan tentang apa itu Lari Jarak Menengah? Selanjutnya yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Definisi Lari Jarak Menengah

Lari jarak sedang merupakan cabang olahraga yang dilaksanakan dengan lari pada jarak 800 m, 1500 m dan 3000 m yang menuntut anda untuk dapat mengatur kecepatan, stamina dan nafas anda saat berlari.

Lari jarak menengah juga membutuhkan kekuatan dan kecepatan yang tinggi. Hal tersebut dapat dilakukan apabila Anda berada pada posisi yang tepat, adapun posisi yang tepat pada lari jarak menengah yaitu:

  • Kepala lurus ke depan dengan dagu ke bawah.
  • Badan tegak dan sejajar dengan bahu.
  • Selanjutnya, ayunkan tangan ke depan dan siku dekat dengan pinggul.
  • Angkat lutut dan pertahankan panjang langkah.

Sejarah Lari Jarak Menengah

Awalnya, lari jarak meneng datang dari Yunani. Dimana pada saat itu terjadi perang antara kedua negara yaitu antara negara Persia dan Yunani untuk dapat mempertahankan wilayahnya yaitu kota Marathon.

Setelah Yunani menang dan dipastikan berhasil mempertahankan kota Marathon, maka dari itu diutus seorang prajurit untuk dapat menyampaikan pesan kemenangan ini kepada penduduk Athena dengan jarak yang cukup jauh yaitu sekitar 42 KM.

Para prajurit yang diutus sudah sampai di tempat tujuan dan langsung mengumumkan pesan kemenangan, dimana pasukan mereka telah berhasil mengalahkan pasukan musuh. Namun, setelah tentara mengumumkannya, tentara tersebut mati. Sebagai tanda penghormatan atas perjuangan tentaranya, pemimpin negara Yunani itu menggelar lomba lari jarak menengah pada 776 SM.

Pada tahun 1896 olahraga lari sudah mulai dipertandingkan di era modern, dimulai di kota Athena dan Panathinaikos. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak perlombaan lari yang diperebutkan di berbagai negara, disukai banyak orang, begitu pula dengan penyelenggaraan Olimpiade SEA GAMES.

Teknik Lari Jarak Menengah

Teknik lari jarak menengah meliputi:

Teknik Mulai Lari Jarak Menengah

  • Saat wasit memberi sinyal “ya”, maka atlet harus berada di belakang garis.
  • Saat wasit memberi sinyal “siap”, posisi kaki kanan berada di depan dan agak menekuk. Namun, untuk kaki kiri ada di punggung. dan posisi tubuh agak condong ke depan.
  • Ketika wasit memberikan sinyal “ya” atau terdengar bunyi pisto, atlet mulai berlari dengan kecepatan yang tidak maksimal dan hanya dapat menggunakan setengah atau tiga perempat dari kecepatan maksimal.

Teknik Gerakan Lari Jarak Menengah

  • Kepala dan badan tidak terlalu condong ke depan.
  • Sudut lengan sekitar 100-110 derajat.
  • Pendaratan tumit dan tolakan kaki.
  • Ayunkan lengan Anda untuk mengimbangi gerakan kaki.
  • Dapat mengayunkan lutut ke depan tetapi tidak di atas ketinggian pinggul.
  • Saat melakukan gerakan kaki bagian bawah dari belakang ke depan tidak terlalu tinggi.

Teknik Saat Melewati Tikungan

  • Berlari sedekat mungkin ke lintasan ke kiri.
  • Kepala agak miring ke kiri dan putar bahu sedikit ke kiri.
  • Pastikan sudut lengan kanan lebih besar dari sudut lengan kiri.

Teknik Pergerakan Memasuki Garis Finish

Adapun teknik pergerakan memasuki garis finis adalah:

Bagaimana cara memasuki garis finish
  • Tetap berlari secara optimal tanpa mengubah sikap berlari Anda.
  • Dada ke depan dan lengan lurus ke belakang.
  • Bahu harus ke depan, jadi harus diputar ke samping.
  • Kepala ditekuk dan kedua tangan diayunkan ke belakang.
Beberapa hal yang harus diperhatikan saat memasuki garis finis adalah sebagai berikut:
  • Anak tangga diperlebar dan frekuensi kaki dipercepat.
  • Fokus pada garis finish
  • Jangan melakukan lompatan saat memasuki garis finis.
  • Jangan ambil pita dengan tangan.
  • Tidak berhenti tiba-tiba setelah melewati garis finis.

Nomor Berjalan Jarak Menengah

Ada 3 bagian nomor lari jarak menengah untuk pria dan wanita, yaitu sebagai berikut:

  • Lari sejauh 800 meter,
  • Jarak lari 1.500 meter,
  • Lari sejauh 3.000 meter.

Aturan Lari Jarak Menengah

Aturan lari jarak menengah meliputi:

Aturan Awal

  • Atlet dapat menggunakan trek start terpisah yang dapat dibiarkan ditinggalkan setelah melewati tikungan pertama.
  • Start dapat dilakukan tanpa memisahkan lintasan dari posisi di belakang garis start. Dibuat sedemikian rupa sehingga semua atlet menempuh jarak lari yang sama.

Aturan Track

  • Satu keliling lintasan dibuat dengan panjang 400 meter yang dibatasi dengan garis yang terbuat dari semen, kayu atau bahan lainnya. Pembatas ini memiliki lebar 5 cm dan tinggi 5 cm.
  • Setidaknya ada 6 track untuk sebuah kompetisi dan idealnya 8 track.
  • Lintasan memiliki lebar 1,22 meter dengan pembatas yang memiliki lebar 5 cm.
  • Lintasan memiliki kemiringan tidak lebih dari 100 derajat.

Kesalahan Lari Jarak Menengah

  • Jenis lari yang digunakan seorang atlet kurang ekonomis sehingga membuat atlet mudah lelah.
  • Bersandarlah saat berlari.
  • Ayunkan kepala dan bahu Anda ke kiri atau kanan saat berlari.
  • Atlet atau pelari menggunakan langkah yang buruk saat berlari, yaitu menekuk kaki saat berlari.
  • Mengalami ketegangan saat berlari.

Manfaat Lari Jarak Menengah

Manfaat lari jarak menengah meliputi:

Memperlancar Pernapasan

Lari jarak menengah yang dilakukan secara rutin setiap hari akan mampu meningkatkan kinerja paru-paru sehingga pernafasan dalam tubuh menjadi lebih nyaman dan lancar.

Peredaran darah

Lari jarak menengah yang teratur akan menghasilkan aliran darah yang lancar, dimana aliran darah yang lancar akan menghindarkan tubuh manusia dari segala macam penyakit seperti stroke, jantung, dan tekanan darah tinggi.

Tingkatkan Stamina

Olahraga khususnya lari jarak menengah akan meningkatkan stamina karena olahraga ini akan mampu melatih kinerja jantung dan paru-paru yang dapat meningkatkan stamina secara perlahan.

Memperlambat Penuaan

Melakukan lari jarak menengah secara teratur dapat membuat kulit lebih cerah, dimana kulit cerah tentunya berasal dari lancarnya peredaran darah yang sangat baik untuk metabolisme sel kulit. Namun, harus diimbangi dengan mengonsumsi buah dan sayur bergizi.

Membakar lemak

Dengan melakukan lari jarak menengah secara rutin, Anda akan dengan mudah melakukan proses penurunan berat badan dan tentunya diiringi dengan contoh makan yang teratur.

Demikian pembahasan tentang Lari Jarak Menengah. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan dan ilmu untuk kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

Sumber : pengensehat.com